Translate

Kandungan Bakteri dalam Kombucha 
 
SCOBY adalah “jamur” Kombucha yang bertugas mem-fermentasi gula pada teh manis menjadi Teh Kombucha.

SCOBY sendiri merupakan singkatan dari “Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeasts”

Sebenarnya, Scoby atau yang biasa disebut juga sebagai Jamur Kombucha, bukanlah ‘Jamur’ dalam arti kata sebenarnya. Penjelasan detailnya dapat Anda

Mikroorganisme yang digunakan pada fermentasi teh kombucha adalah campuran dari bakteri Acetobacter dengan khamir yang umumnya spesies Brettanomyces bruxellensis, Candida stellata, Schizosaccharomyces pombe, Torulaspora delbrueckii, dan Zygosaccharomyces bailii.

Berikut adalah masing-masing mikroorganisme:
Acetobacter
Brettanomyces Bruxellensis
Candida Stellata
Schizosaccharomyces Pombe
Torulaspora Delbrueckii
Zygosaccharomyces Bailii

Bagaimana cara kerja si Ragi dan Bakteri ini?
Teh manis yang difermentasi ini akhirnya akan mempunyai kandungan yang luar biasa! Ada Vitamin B Kompleks, Vitamin C, 9 macam asam dan juga Enzym yang sangat berguna bagi tubuh kita. Selain berguna untuk mendetox tubuh kita, ada banyak sekali keluhan penyakit yang dapat di sembuhkan jika kita mengkonsumsi Teh Kombucha secara rutin.

Sehat Alami dengan Kombucha
kombucha untuk anak-anak

Pada bulan April, tahun 1996, ada pertanyaan mengenai masalah pemberian Kombucha kepada anak2 melalui Internet. Untuk itu saya akan memberikannya dalam 3 surat korespondensi saya kepada pihak lain yang bisa dilihat dan yang akan menjelaskan mengenai pertanyaan tersebut. Collen Allen menulis : "Pada hemat saya, tidaklah ada suatu alasanpun untuk tidak memberikan minuman teh-kombucha kepada anak2. Hingga saat ini, belum ada publikasi maupun data yang jelas mengenai aturan yang berkaitan dengan pemberian teh-kombucha kepada anak2, yang sebenarnya mengenai takaran bisa diperkirakan sendiri oleh para orang tua yang kira2 sesuai atau pas bagi anak bersangkutan, karena disinilah letak rasa tanggung jawab orang tua bersangkutan terhadap kesehatan anaknya.

Secara pribadi, apabila saya sudah mempunyai teh-kombucha saat anak-anak saya masih kecil, maka tidak ada keraguan untuk memberikannya kepada mereka, walaupun saat itu mereka masih bayi,. Saya tahu mengenai beberapa keluarga yang memberikan teh-kombucha kepada anak-anaknya secara teratur setiap hari. Reaksi jasmaniah dari anak-anak tersebut, (dan juga orang dewasa), maka tubuhnya akan lebih kebal terhadap penyakit demam. Dan apabila mereka sedang mengidapnya, maka mereka juga akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan keadaan sebelum mereka minum teh-kombucha. Saya tidak punya data ilmiah mengenai ini, namun pada hemat saya, KT aman untuk diminum oleh semua orang yang tidak punya alergi terhadap unsur2 atau kandungan KT. Apabila seorang anak mempunyai kecenderungan alergi terhadap makanan tertentu, maka cara yang paling baik adalah berhati-hati dalam cara memberikannya dengan cara memberinya sedikit demi sedikit dan kemudian jumlahnya kian ditambah.

Seperti halnya makanan yang baru diperkenalkan kepada seseorang yang punya kecenderungan alergi. Untuk seorang anak (atau dewasa), maka sebaiknya jumlah yang diberikan sangat sedikit dulu, seperti satu sendok teh pada hari pertama dan untuk beberapa hari berikutnya dan kemudian dilihat reaksinya dengan seksama. Pada umumnya bila ada reaksi alergi sebagai akibat dari minuman KT ini, maka akan muncul dengan sendirinya sehingga kita bisa memperkirakan cara pemberiannya.

Jawaban saya pribadi adalah: "Colleen, saya juga tidak mempunyai pengetahuan mengenai pemberian KT kepada anak2. Sejauh ini dibuktikan bahwa tidak ada yang bahaya yang muncul pada anak2 dengan memberinya minuman KT ini. Dikisahkan pula bahwa ada seorang ibu yang memberi anaknya KT beberapa sendok setiap hari yang berakibat sembuhnya bayi tersebut dari penyakit kulit merah gatal pada pipi diakibatkan karena terkena tumpahan susu ibunya sewaktu disusui. Kandungan alkohol KT juga sangat rendah, setara dengan kandungan pada jus buah yang bisa diberikan kepada anak2tanpa kekhawatiran. Tentu saja kita harus memberikannya secara hati2 dan teliti dengan takaran sesuai dengan umur tentu saja, seperti halnya dengan obat2-an. Para orang tua diminta untuk memakai perkiraan yang berdasarkan kebijakan dan akal sehat ketika memutuskan hal2 yang berkenaan dengan apa yang akan dimakan dan diminum anaknya. Ada hal lain yang menyatakan bahwa : Kombucha sangat bagus bagi para remaja yang mempunyai masalah jerawat.

Jack Barclay menambahkan: "Saya mengingatkan orang2 mengenai masalah pemberian KT untuk anak2 yang berumur dibawah 1 tahun. Dokter mengingatkan agar jangan memberikan madu kepada bayi dibawah 1 tahun karena karena mengandung bakteria serta enzim2 jumlahnya terlalu banyak bagi organ pencernaannya yang masih muda serta sistem kekebalan mereka belumlah sepenuhnya tumbuh dan terbangun dengan baik. Pada saat bayi baru keluar dari rahim ibunya, maka organ dalam mulai mengalami petumbuhan dan penguatan. KT juga mempunyai bakteri serta enzim2 yang terlalu keras kerjanya bagi organ pencernaan bayi yang masih dalam kondisi berkembang. KT yang mempunyai kandungan unsur pencahar atau unsur yang berkwalitas laxative(pencahar) bis berakibat telalu kerasnya reaksi pada peralatan pencernaannya. Saya tidak akan menyarankan pemberian KT pada bayi dibawah 1 tahun atau yang baru lahir. Saya kira aturan yang benar adalah bila bayi sudah cukup umur untuk diberi madu, maka dia juga sudah cukup waktunya untuk diberi KT ".

Pengobatan penyakit asma dengan kombucha
Klinik Kecantikan dr.Myrna – Saat asma kambuh, penderita akan merasa tersiksa. Rasa nyeri di dada dan napas berat disertai mengi (bengek) merupakan ciri terserang asma. Kombucha atau teh jamur ternyata dapat meredakan serangan asma yang mengganggu aktivitas. Benarkah demikian?
Kombucha atau teh jamur mungkin masih asing di telinga Anda. Kombucha berasal dari dua kata, kombu dan cha. Kombu merupakan nama seseorang tabib dari Kombu dan cha adalah teh. Teh ini awalnya berasal dari para pedagang Asia Timur, yang kemudian tersebar hingga daratan Rusia dan Jerman. Kombucha ini sudah dipercaya sebagai obat sejak 3000 tahun yang lalu. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan adalah asma.
Kombucha merupakan hasil fermentasi dari ragi dan bakteri. Kombucha disebut tea of immortality karena jika dirawat terus menerus tidak akan mati, malah justru akan berkembang biak. Kombucha juga disebut lading mini biokimia karena banyak kandungan kimianya. Kandungan yang terdapat di dalam Kombucha ini adalah asam folat, vitamin B kompleks, asam glukoronat, asam laktat, asam amino, antibioti dan lain-lain. Kombucha mengandung etanol 0,5-1 persen sehingga rasanya sedikit asam seperti halnya cuka apel.
Mengatasi Asma. Dengan kandungan-kandungan tersebut,membuat kombucha bisa mengatasi berbagai penyakit, salah satunya meredakan serangan asma. Kandungan vitamin B dan asam amino berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, serta mengembalikan sistem kekebalan tubuh melalui detoksinasi dan meningkatkan pencernaan. Dengan demikian, keseimbangan dan kekebalan tubuh menjadi baik serta tidak mudah terserang penyakit.
Bagi penderita asma, teh kombucha bisa mengatasi masalah asma dengan minum secara teratur. Anda bisa membuat sendiri teh kombucha karena cara membuatnya sangat mudah. Caranya, hanya direndam dengan teh manis selama satu bulan. Untuk satu buah jamur kombucha dengan diameter 5 cm, harus direndam dengan satu liter air teh manis. Jika di rendam dalam black tea akan mendapatkan rasa yang enak, sementara jika direndam dengan green tea biasanya untuk pengobatan.selanjutnya>>