Translate

Dalam seminggu, gula dari teh manis tersebut telah diserap oleh jamurnya sehingga rasa tehnya sudah mulai hilang. Lama kelamaan, sekitar satu bulan rasa manisnya berganti dengan rasa asam. Air teh yang rasanya asam itu baru boleh dikonsumsi karena telah ada khasiatnya. Untuk membuat teh kombucha ini sebaiknya menggunakan botol dari kaca atau keramik. Apabila menggunakan botol dari plastik dikhawatirkan akan meracuni teh tersebut.
Sementara untuk penyembuhan, sebaiknya minum 600 ml per hari atau setara dengan tiga gelas. Untuk kebugaran, minum sebanyak 400 ml/hari atau setara dengan dua gelas. Sebaiknya diminum sebelum makan. Namun jika Anda memiliki penyakit maag sebaiknya teh kombucha dicampur dengan madu. Jika terlalu asam bisa dicampur dengan air putih 100 ml.
Asma. Asma terjadi apabila terjadinya penyempitan di saluran pernapasan. Dengan menyempitnya saluran pernapasan, mengakibatkan pasokan oksigen di dalam paru-paru menjadi berkurang sehingga timbul sesak napas. Asma ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu lingkungan dan diri sendiri. Lingkungan yang kotor dan banyak polusi sangat berpotensi terjadinya asma. Asap rokok adalah pemicu timbulnya asma. Alergi juga bisa mencetuskan asma. Begitu pula makan, seperti makanan yang mengandung pengawet, penyedap rasa dan pewarna makanan.
Asma biasanya banyak terjadi pada anak laki-laki karena rongga dadanya masih kecil. Sedangkan untuk usia dewasa kebanyakan para wanita yang berpotensi terserang asma karena dipengaruhi oleh hormon dan emosional. Mereka yang obesitas atau kegemukan juga rentan terkena asma. Karena zat-zatnya menumpuk di dalam tubuhnya itu ada beberapa zat yang dapat membuat peradangan.
Dilihat dari proses penyembuhannya, asma tidak dapat disembuhkan melainkan dapat dihindari kambuhnya. Untuk orang yang mengidap asma, biasanya diberikan inhaler. Inhaler ada dua macam, sebagai antiperadangan dan melegakan. Apabila sudah termasuk parah, biasanya diberi obat minum dan inhaler. Obat minum ini sifatnya sebagai antiperadangan sedangkan inhaler sifatnya sebagai pelega.
Di samping itu, penderita asma disarankan untuk berolahraga seperti berenang karena berenang bagus untuk pernapasan. Dengan berenang, aliran udara yang masuk cukup sehingga paru-paru mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Olahraga jogging bisa dilakukan, yang paling baik pada pagi hari sekitar jam 8 pagi karena pada jam segitu udara mulai hangat dan sinar matahari belum terlalu menyengat. Agar asma tidak kambuh sebaiknya menjaga agar lingkungan tetap bersih, menghindari asap rokok, pola makan sehat, banyak minum air putih agar tenggorokan selalu lembab, rajin olahraga tetapi tidak berlebihan, serta sering check up ke dokter.
Info Kecantikan – Solusi Cantik Wanita Modern

Pengertian Asam Oksalat
Asam oksalat adalah senyawa kimia yang memiliki rumus H2C2O4 dengan nama sistematis asam etanadioat. Asam dikarboksilat paling sederhana ini biasa digambarkan dengan rumus HOOC-COOH.
Merupakan asam organik yang relatif kuat, 10.000 kali lebih kuat daripada asam asetat.
Di-anionnya, dikenal sebagai oksalat, juga agen pereduktor.
Banyak ion logam yang membentuk endapan tak larut dengan asam oksalat, contoh terbaik adalah kalsium oksalat(CaOOC-COOCa), penyusun utama jenis batu ginjal yang sering ditemukan.

Kandungan Bakteri dalam Kombucha
SCOBY adalah “jamur” Kombucha yang bertugas mem-fermentasi gula pada teh manis menjadi Teh Kombucha.SCOBY sendiri merupakan singkatan dari “Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeasts”.Sebenarnya, Scoby atau yang biasa disebut juga sebagai Jamur Kombucha, bukanlah ‘Jamur’ dalam arti kata sebenarnya.

Mikroorganisme yang digunakan pada fermentasi teh kombucha adalah campuran dari bakteri Acetobacter dengan khamir yang umumnya spesies Brettanomyces bruxellensis, Candida stellata, Schizosaccharomyces pombe, Torulaspora delbrueckii, dan Zygosaccharomyces bailii.Acetobacte,Brettanomyces Bruxellensis,Candida Stellata,Schizosaccharomyces Pombe,Torulaspora Delbrueckii,Zygosaccharomyces Bailii.

Bagaimana cara kerja si Ragi dan Bakteri ini?
Teh manis yang difermentasi ini akhirnya akan mempunyai kandungan yang luar biasa! Ada Vitamin B Kompleks, Vitamin C, 9 macam asam dan juga Enzym yang sangat berguna bagi tubuh kita. Selain berguna untuk mendetox tubuh kita, ada banyak sekali keluhan / penyakit yang dapat disembuhkan jika kita mengkonsumsi Teh Kombucha secara rutin.

Manfaat Lain Kombucha tea bagian 2
Selain membuat Teh Kombucha, Jamur Kombucha (Scoby) ternyata mempunyai kegunaan lainnya yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Apabila Anda terluka / lecet sehinga berdarah, cuci dahulu luka Anda sampai bersih, lalu tempelkan sedikit jamur Kombucha pada luka Anda, lalu tutup dengan plester (atau biarkan terbuka jika Anda tidak berpergian). Luka Anda akan menutup lebih cepat! Wajah Anda berjerawat? Ini Tips yang bagus untuk Anda: Blender jamur Kombucha, kemudian jadikan sebagai masker wajah. Tingkat keasaman yang cukup tinggi dari jamur Kombucha akan membuat jerawat Anda mengering. Selain untuk jerawat, jamur Kombucha ini juga dapat mengencangkan kulit wajah Anda memelihara anjing? Cobalah jemur jamur kombucha sampai kering (seperti kerupuk), kemudian berikan kepada anjing Anda sebagai snack
Lalu bagaimana dengan jamur Kombucha Anda yang sudah tua? (berwarna semakin coklat) Kadang saya merasa berdosa untuk membuang jamur tersebut, karena ‘sayang’ dan juga kasihan karena sudah berjasa bagi tubuh saya. Daripada dibuang, Anda bisa menjadikan jamur Anda sebagai pupuk kompos. Blender / potong kecil jamur Anda, campur dengan sampah organik dari dapur. Gali lubang di pekarangan Anda, masukkan kedalam lubang dan tutup kembali dengan tanah. Tanaman Anda akan berterima kasih karena sudah diberikan pupuk yang bergizi tinggi.
Salah satu pertanyaan terbesar bagi kaum Muslim mengenai Kombucha adalah: “Apakah Kombucha Halal atau tidak?“

Banyak sekali situs yang mempertanyakan ini, tapi tidak ada (jarang sekali) orang yang bertanya, “Kalau Kombucha tidak ada Alkoholnya, apakah bisa disebut Halal?”

Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat Kombucha Non Alkohol. Perlu saya pertegas bahwa “Kombucha Non Alkohol” ini maksudnya adalah membuang Alkohol setelah masa fermentasi. Bukan berarti meniadakan sama sekali Alkohol sejak awal proses pembuatan Kombucha, karena Alkohol memang diperlukan selama masa fermentasi.Pertama-tama saya ingin menjelaskan bagaimana Alkohol bisa muncul dalam proses fermentasi Teh Manis ini. Mari kita lihat Jamur Kombucha. Jamur Kombucha itu bukan jamur dalam arti sebenarnya. Banyak orang salah persepsi mengenai kata “Jamur Kombucha”. Sebenarnya ini adalah SCOBY, singkatan dari “Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast”. Kumpulan Bakteri dan Ragi yang membentuk struktur selulosa dan mereka hidup bersama secara simbiotik.Ragi memfermentasi nutrisi dari cairan dimana dia hidup dan membentuk alkohol, dan kemudian bakteri mengubahnya menjadi asam yang menyehatkan bagi tubuh. Dan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, sang Bakteri dan ragi membentuk sebuah lapisan baru diatas permukaan air. Lapisan ini disebut juga sebagai Baby Kombucha / Baby SCOBY. Ada juga yang menyebut sebagai Zooglea (lapisan yang hidup).Nah, Ragi dan Bakteri mempunyai tugas masing-masing. Ragi bertugas memfermentasi nutrisi dari carian dimana dia hidup. Karena Ragi ini tinggal dalam air Teh Manis, maka dia memfermentasi gula dan diubah menjadi Alkohol. Mengapa Alkohol? Karena Alkohol ini diperlukan oleh sang Bakteri hidup! Makanya mereka bisa hidup berdampingan secara Simbiosis Mutualisme. Tugas Bakteri disini adalah memproses Alkohol dan mengubahnya menjadi bermacam-macam vitamin, asam dan enzim. Vitamin, Asam dan Enzim inilah yang berguna bagi tubuh kita!

Jadi, jelaslah bahwa Alkohol memang diperlukan selama masa fermentasi, karena Alkohol ini diperlukan oleh Bakteri untuk diolah kembali menjadi vitamin, asam dan enzim.
Sekarang, pertanyaan yang penting, “Bagaimana membuang Alkohol dari Kombucha?” Apakah Alkohol bisa dibuang dari Teh Kombucha? Jawabannya adalah: BISA! Kombucha bisa dijadikan Non Alkohol. Bagaimana caranya? Ada 2 cara untuk menjadikan “Kombucha Non Alkohol”.
1. Jadikan Teh Kombucha menjadi “Cuka Kombucha“
Kalau kita perhatikan proses fermentasi diatas, Ragi memperoleh tugas pertama untuk mengubah dahulu gula / glukosa menjadi Alkohol. Langkah berikutnya adalah Bakteri mengubah Alkohol menjadi Asam. Berarti jika tidak ada lagi gula dalam kandungan air, maka berhenti pulalah proses pembuatan Alkohol. Nah, Alkohol ini kemudian diproses oleh Bakteri menjadi Asam. Pada akhirnya, Alkohol akan habis dijadikan Asam, dan rasa Asamlah yang akhirnya tinggal dan mendominasi rasa pada Teh Kombucha. Saking asamnya, Teh Kombucha ini akan berubah fungsi menjadi Cuka. Proses membuat Cuka Kombucha ini berkisar 4 minggu.
Lalu, apa gunanya Cuka Kombucha? Banyak sekali! Anda bisa menjadikannya sebagai Hair Tonic, Dressing Salad, Campuran pada Juice, menyembuhkan Jerawat dll. Kelemahan dari cara pertama ini adalah, kita tidak bisa meminum Cuka Kombucha karena sudah terlalu asam. Cara kedua ini rasanya akan jauh lebih enak untuk dinikmati..
2. Memanaskan Teh Kombucha
Perlu kita ketahui bahwa Alkohol itu peka terhadap suhu. Alkohol akan menguap jika kita panaskan, betul? Nah, oleh karena itu kita bisa membuang kadar Alkohol dalam Kombucha, dengan cara memanaskan Teh Kombucha pada suhu 60-70 derajat Celcius selama 10-20 menit. Setelah itu diamkan sampai suhu ruangan dan simpan dalam lemari es (Simpan dalam botol kaca dan tutup rapat). Dengan cara ini, sudah dipastikan bahwa Alkohol sudah tidak ada lagi dalam kandungan Teh Kombucha! Selain itu, kita dapat tetap menikmati rasa Asam Manis pada Kombucha, dan juga setiap manfaat kesehatan bagi tubuh kita!